BAB I
PENDAHULUAN

      1.  Latar Belakang Masalah

Praktek Kerja Indutri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. 

Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut.

 Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja. 

Ada beberapa peraturan tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah sebagai berikut :

1. Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
2. Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
3. Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional; serta
4. Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”.

 
1   2.  Pembatasan Masalah

Agar tidak menyimpang dari permasalahan dan dapat mencapai sasaran yang diharapkan, maka penulis membatasi permasalahan pada:
1.      Bagaimana cara menginstall windows 7?

1  3.  Rumusan Masalah 

1.      Apa itu operasi sistem?
2.      Apa kelebihan dan kekurangan dari windows 7?
3.      Bagaimana cara menginstall windows 7?

1  4.  Tujuan

Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :

1. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
2. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha ayng professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.
3. Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Karya Nasional.
4. Mengimplotasikan antara pendidikan disekolah dan diluar sekolah.


1  5.  Metode Pengumpulan Data

Untuk menyempurnakan data-data yang dibutukan dalam penyusunan laporan ini, maka kami melakukan metode pengumpulan data melalui 2 cara yaitu :

a. Secara langsung atau metode observasi
Yang dimaksud dengan pengumpulan data secara langsung adalah kami mengumpulkan data dengan cara observasi secara lansung di instalasi dengan menggunakan teknik wawancara kepada staf atau kariyawan yang berwenang atau mengenai informasi yang kamim butukan.

b. Secara tidak langsung atau metode kepustakaan
Yang dimaksud dengan metode pengumpulan data tidak langsung adalah kami salaku penulis berpedoman pada buku-buku atau referensi yang barkaitan dan berhubungan dangan materi yang diangkat atau isi laporan kami.

1  6.  Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan prakerin memuat :
1.      Urutan halaman bagian persiapan :
·         Halaman Judul
·         Lembar Pengesahan
·         Kata Pengantar
·         Daftar Isi
·         Daftar Lampiran
·         Daftar Gambar
·         Abstrak
BAB I Pendahuluan
1.1  Latar Belakang Masalah
1.2  Pembatasan Masalah
1.3  Rumusan Masalah
1.4  Tujuan
1.5  Metode Pengumpulan Data
1.6  Sistematika Penulisan
BAB II Sekilas Tentang Instansi Dan Pelaksanaan Kegiatan Prakerin
2.1  Identitas Siswa
2.2  Identitas Perusahaan
2.3   Sejarah Singkat Perusahaan
2.4  Waktu Dan Tempat Prakerin
2.5  Jenis Kegiatan Prakerin
BAB III Pembahasan
3.1 Pengertian Hardisk
3.2 Pemeliharaan Hardisk
3.3 Troubleshooting Hardisk

BAB IV Penutup
4.1  Kesimpulan
4.2  Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
Gambar
Indeks

BAB II